Rabu, 19-06-2024
  • Selamat Datang Di Laman web SMAS SHALOM BENGKAYANG

Blog Guru

Diterbitkan : Rabu, 19 Apr 2023

Oleh darah Anak Domba

Bacaan : Yohanes 1: 29 Ungkapan “anak domba” ini dapat ditafsirkan berdasarkan beberapa latar belakang peristiwa dalam Perjanjian Lama, akan tetapi terutama ini membawa kita kembali ke hari terakhir sebelum..
Diterbitkan : Selasa, 4 Apr 2023

Cawan murka Allah

Bacaan: Lukas 22 : 41 – 44. Ya Bapaku …… ambillah cawan ini dari padaKu….. Mengapa Yesus, yang sejak awal sudah siap dengan tekad yang bulat menuju Golgota, berdoa demikian?..
Diterbitkan : Jumat, 6 Jan 2023

Bersyukur atas hidup

Bacaan : mazmur 90 : 12(020123.1) Hidup mengajar kepada kita bahwa waktu itu berharga. Dan waktu mengajar kepada kita bahwa hidup itu singkat.. Jika Tuhan masih mengaruniakan hidup dan waktu..
Diterbitkan : Senin, 28 Nov 2022

Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia

[ Kolose 2:6 ] Jika kita sudah menerima Kristus itu sendiri di dalam hati kita yang terdalam, hidup baru kita akan menunjukkan hubungan yang erat dengan-Nya melalui perjalanan iman di..
Diterbitkan : Jumat, 4 Nov 2022

Allah Menyelidiki dan Mengetahui Rahasia Hati Setiap Orang

Poligraf atau alat pendeteksi kebohongan ternyata tidak selalu dapat mendeteksi kebohongan. Tes poligraf sewaktu-waktu dipakai oleh aparat penegak hukum atau perusahaan tertentu untuk menguji kejujuran seseorang. Orang yang diuji dengan..
Diterbitkan : Senin, 24 Okt 2022

Datanglah Tuhan Yesus

Wahyu 22:18-21 Dalam bagian terakhir Kitab Wahyu ini, Yohanes, sebagai penulis, memperingatkan celaka yang akan menimpa setiap orang yang menambahkan atau mengurangkan sesuatu dalam kitab yang ditulisnya (18-19). Bisa jadi,..
Diterbitkan : Minggu, 16 Okt 2022

SIA-SIANYA KEKAYAAN

Wahyu 18:1-20 Berapa lama kekayaan akan dapat “memelihara” pemiliknya? Kekayaan sering kali dilihat sebagai kelebihan yang dimiliki oleh seseorang. Kitab Wahyu mengidentifikasi Babel sebagai musuh Allah, lambang kebesaran, kekuatan, dan..
Diterbitkan : Minggu, 25 Sep 2022

KESELAMATAN BAGI SEGALA BANGSA

Yohanes memang memakai berbagai simbol yang dipahami dari sejarah Israel. Darah Anak Domba yang menyucikan jubah dan membawa keselamatan dari penganiayaan (14) adalah gambaran keselamatan Israel dari Mesir dengan darah..
Diterbitkan : Selasa, 13 Sep 2022

BERIMAN, BERAKAL BUDI, DAN BERBELAS KASIH

Amsal 19:1-17 Salah satu persoalan dunia modern adalah kegamangan dalam memosisikan pengetahuan/akal budi dan iman dalam hidup keseharian yang dijalani oleh manusia. Demikianlah konflik abadi dunia modern: satu pihak berkata..
Diterbitkan : Selasa, 9 Agu 2022

HIDUP DALAM KEKUDUSAN KELUARGA

Amsal 5:7-23 Pernikahan itu kudus, karena terjadinya pernikahan merupakan karya dan berkat Tuhan. Oleh sebab itu, setiap anggota keluarga, terutama suami dan istri, mempunyai tanggung jawab untuk menjaga kekudusan keluarga...
Diterbitkan : Senin, 1 Agu 2022

HIDUP DALAM KEBAIKAN

Amsal 3:27-35 Ada peribahasa “sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna”. Peribahasa tersebut bisa menjadi gambaran penyesalan kalau kita menunda melakukan kebaikan dan berdampak pada penderitaan orang lain, padahal sebenarnya..
Diterbitkan : Minggu, 24 Jul 2022

JANGANLAH LUPAKAN SEGALA KEBAIKAN-NYA!

[Mazmur 103:2] Merupakan pekerjaan yang menguntungkan sekaligus menyenangkan, jika kita mengamati tangan Allah di dalam kehidupan orang-orang kudus zaman dahulu, dan boleh mengamati kebaikan-Nya dalam membebaskan mereka, kemurahan hati-Nya dalam..